Selasa, 22 Mei 2012

Bono Jadi Rock Star Terkaya di Dunia Berkat Facebook

Bono U2Vokalis U2, Bono, menjadi penyanyi rock terkaya di dunia pada Jumat (17/5) (hari yang sama ketika saham Facebook dijual ke publik) karena dia memiliki saham sebesar 2,3 persen di situs jejaring sosial tersebut. 

Pada 2009, perusahaan milik Bono, Elevation Partners, menginvestasikan $ 90 juta (sekitar Rp 834,12 miliar) di situs tersebut, dan kini tiga tahun kemudian, jumlah tersebut meningkat 16 kali lipat menjadi $ 1,5 miliar (sekitar Rp 13,90 triliun). 

Laba sebesar $ 1,41 miliar tersebut membuat Bono (52), lebih kaya $ 500 juta daripada Sir Paul McCartney, yang mengantongi hak cipta lagu The Beatles, band terlaris sepanjang masa. Paul mungkin akan lebih kaya, jika Michael Jackson tidak membeli hak cipta separuh katalog The Beatles pada 1984. 

Sebagai perbandingan, kekayaan pengusaha musik Bruce Springsteen dan Madonna jika digabungkan hanya bernilai $ 800 juta.

Apa yang akan Bono lakukan dengan uang sebanyak itu? Karena dia seorang dermawan, kemungkinan dia akan memberikannya ke banyak badan amal yang dia pimpin, seperti Product Red (untuk penanggulangan AIDS di Afrika) dan One Campaign (untuk kemiskinan di seluruh dunia). 

Namun Bono tampaknya masih setia bermusik. U2 akan kembali ke dapur rekaman untuk menggarap album ke-13 mereka. Menurut NME, mereka sedang mengerjakan materi baru bersama dengan penulis lagu untuk One Direction dan Lady Gaga, RedOne, dan juga akan kembali bekerja sama dengan will.i.am dari  Black Eyed Peas (will memproduseri 'I'll Go Crazy if I Don't Go Crazy Tonight' pada album 2009 mereka, “No Line on the Horizon”).

Bono — yang kekayaannya hanya $ 350 juta pada 2010 — bukanlah satu-satunya orang yang kaya berkat penjualan saham Facebook. Pendirinya, Mark Zuckerberg, meraup $ 19 miliar hanya untuk dirinya sendiri. Bayangkan berapa banyak sweater yang bisa dia beli dengan uang sebanyak itu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar